image upn

Laboratorium Manajemen Agribisnis merupakan unit penunjang utama kegiatan pembelajaran yang berfungsi mengingkatkan capaian kompetensi mahasiswa Program Studi S1 Agribisnis terkait dengan pengelolaan agribisnis mulai dari perencanaan, produksi, pengemasan hingga analisis sebuah usaha yang berkaitan dengan pertanian. Laboratorium Manajemen Agribisnis menjadi penting keberadaannya untuk menggali kreatifitas, sikap dan kompetensi mahasiswa terkait pertanian secara menyeluruh. Selain pendidikan, laboratorium diharapkan juga dapat memfasilitasi program penelitian dan pengabdian masyarakat dosen Agribisnis terkait dengan Manajemen Agribisnis dan dapat melibatkan mahasiswa dalam kegiatan tersebut.

Mengampu Praktikum

 1. Teknologi Agroindustri

Mata kuliah yang memberikan pembahasan secara mendalam tentang dasar pengolahan bahan pangan hasil pertanian nabati dalam agroindustry dengan menerapkan teknologi sederhana yang meliputi transformasi bahan dasar pertanian menjadi produk setengah jadi atau produk jadi.

2. Manajemen Agribisnis

Mata kuliah yang mempersiapkan mahasiswa agar mampu mengambil keputusan dengan tepat berdasarkan analisa informasi dan data pada sistem agribisnis yang meliputi subsistem agroinput, subsistem produksi-primer, subsistem agroindustry, subsistem pemasaran dan lembaga penunjang dalam agribisnis, serta memberikan motivasi untuk mengikuti perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan secara intelektual dan kultural.

3. Aplikasi Kewirausahaan

Mata kuliah yang membekali mahasiswa dalam hal kemampuan mengamati, merencanakan untuk meniru dan memodifikasi berbagai bentuk wirausaha yang ada, sehingga mahasiswa memiliki kemampuan membuat rencana bisnis dengan benar dan applicable. Mahasiswa melakukan survey di tempat usaha yang berbeda.