image upn

Selamat datang di situs resmi Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian UPN “Veteran” Yogyakarta.

Jurusan Agribisnis mengemban amanah sebagai kampus belanegara yang memberi keleluasaan civitas akademika untuk merdeka belajar dikampus merdeka. Jurusan Agribisnis memiliki Program Studi Agribisnis (jenjang S-1) dan Program Studi Magister Agribisnis (jenjang S-2). Program Studi Agribisnis (jenjang S-1) memiliki 2 minat yaitu Minat Manajemen dan Bisnis serta Minat Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat. Program Studi Magister Agribisnis (jenjang S-2) memiliki 2 minat yaitu Minat Manajemen dan Bisnis serta Minat Pemberdayaan Masyarakat.


Dalam menghadapi tantangan masa depan di Era Revolusi Industri 4.0 Jurusan Agribisnis mengembangkan Culture of learning and culture of innovation, berinovasi dengan cara pembelajanan yang memungkinkan mahasiswa banyak bertanya, banyak mencoba dan banyak berkarya. Kemampuan berkarya dan berkolaborasi akan membantu keberhasilan mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja. Dalam proses pembelajarannya didukung dengan 4 laboratorium yaitu Laboratorium Manajemen Agribisnis, Laboratorium Kominukasi dan Informasi Agribisnis, Laboratorium Statistik dan Olah Data, Laboratorium Ekonomi Pertanian dan Pengembangan SDM. Pembelajaran diperkaya dengan kolaborasi antara Jurusan Agribisnis dengan perusahaan swasta maupun pemerintah. Kolaborasi ini dimanifestasikan dalam bentuk mengundang praktisi bisnis sebagai dosen tamu, kunjungan mahasiswa ke perusahaan agribisnis maupun magang diperusahaan besar ataupun UMKM. Pembelajaran menggunakan berbagai metode diantaranya, collaboration learning, exploration learning, problem based learning yang menekankan pada critical thinking yang dipadu dengan skill yang memadai agar mahasiswa berpikir sistemik dan mampu memecahkan berbagai permasalahan yang dihadapi. 


Kami berharap situs ini dapat memberikan gambaran umum kepada calon mahasiswa dan masyarakat tentang Jurusan Agribisnis. Raih sukses bersama kami Jurusan Agribisnis UPN “Veteran” Yogyakarta di Kampus Bela Negara


 

Dr. Ir. Nanik Dara Senjawati, M.P. 
Ketua Jurusan Agribisnis