STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY PADA WAROENG STEAK AND SHAKE CABANG JALAN PERUMNAS SETURAN YOGYAKARTA
» September 28, 2017 , PENELITIAN DAN PENGEMBANGAN

STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA DENGAN PENDEKATAN BLUE OCEAN STRATEGY PADA WAROENG STEAK AND SHAKE

CABANG JALAN PERUMNAS SETURAN YOGYAKARTA

 

 

 Oleh : Ira Malihatun, Agus Surata dan Budiarto

 

ABSTRAK

Waroeng Steak and Shake merupakan sebuah restoran steak yang berkembang pesat di Indonesia termasuk di Yogyakarta.Harga, produk, tempat, promosi, SDM, proses, & bukti fisik merupakan hal yang dapat berpengaruh dalam menentukan strategi pengembangan usaha.Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang dijadikan kompetisi pada Waroeng Steak and Shake dan merumuskan blue ocean strategy yang dapat menjadi alternatif untuk pengembangan usaha Waroeng Steak and Shake.Metode dasar penelitian menggunakan metode deskriptif.Metode pelaksanaan penelitian menggunakan metode survey.Metode penentuan lokasi menggunakan metode purposive.Metode pengambilan responden menggunakan teknik accidental sampling.Metode pengumpulan data yakni melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dokumentasi, dan kuesioner.Teknik analisis data yang digunakan adalah blue ocean strategy.Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor-faktor kompetisi pada Waroeng Steak and Shake adalah harga, produk, tempat, promosi, SDM, proses, dan bukti fisik. Adapun perumusan blue ocean strategy pada Waroeng Steak and Shake yaitu (a) Melalui kerangka kerja enam jalan, terdapat lima alternatif yang dapat digunakan oleh Waroeng Steak and Shake untuk merekonstruksi batasan pasarnya, antara lain mencermati industri alternatif, kelompok strategis, rantai pembeli, penawaran produk dan jasa pelengkap, serta daya tarik emosional-fungsional bagi pembeli. (b) Perumusan kerangka kerja empat langkah dengan meningkatkan faktor produk yang meliputi estetika dan fitur produk serta faktor SDM yaitu fokus terhadap pelayanan yang meliputi keramahan dan kesopanan pramusaji. (c) Perumusan strategi memiliki tiga karakteristik yang baik, yaitu fokus untuk meningkatkan faktor produk yang meliputi estetika dan fitur produk serta faktor SDM yaitu fokus terhadap pelayanan yang meliputi keramahan dan kesopanan pramusaji. Kemudian divergensi dengan penyediaan fasilitas ruangan khusus untuk rapat dan layanan delivery order.Serta moto Waroeng Steak and Shake yakni “Bukan Steak Biasa”.

 

Kata Kunci : Faktor Kompetisi, Waroeng Steak and Shake, Blue Ocean Strategy

 

 

BUSINESS DEVELOPMENT STRATEGY THROUGH BLUE OCEAN STRATEGY APPROACH AT WAROENG STEAK AND SHAKE

PERUMNAS STREET SETURAN BRANCH YOGYAKARTA

 

By : Ira Malihatun, Agus Surata and Budiarto

 

ABSTRACT

Waroeng Steak and Shake is a steakhouse that is flourishing rapidly in Indonesia including on Yogyakarta. Price, product, location, promotion, human resources, process, and physical evidence are influential in determining business development strategy. The purposes of this research are to identify the factors that become competition factors at Waroeng Steak and Shake and to formulate blue ocean strategy that could become an alternative for Waroeng Steak and Shake franchise development. This research uses descriptive method as the base method. The implementation method of this research is survey method. Methods for determining the location is using method of purposive. Method for respondent collection is using accidental sampling technique. Method for data collection is through observations, interviews, literature studies, documentations, and questionnaires. Data analysis technique is using blue ocean strategy. The obtained results from this research indicate that factors of competition at Waroeng Steak and Shake are price, product, location, promotion, human resources, processes, and physical evidence. The formulation of blue ocean strategy at Waroeng Steak and Shake is (a) Through a six-way framework, there are five alternatives that can be used by Waroeng Steak and Shake to reconstruct its market boundaries, which are looking at alternative industries, strategic groups, buyer chains, product offerings and complementary services, also emotional-functional appeal to buyers. (b) The formulation of a four-step framework by enhancing product factors that include aesthetics, product features and also HR factors that focus on services of hospitality and waiter/waitresses manner. (c) Strategy formulation has three good characteristics, which are, focus to improve product factor that include aesthetics, product features and HR factor that focused on service which include hospitality and waiter/waitresses manner. Then, divergence with the provision of special room facilities for meetings and delivery order services. As well as the motto Waroeng Steak and Shake is "Not an Ordinary Steak".

 

Keywords: The Competition Factor, Waroeng Steak and Shake, The Blue Ocean

Strategy.

 



Program Studi Agribisnis
TERAKREDITASI B
Skep BAN – PT No: 044/BAN –PT/Ak-XV/S/II/2013




Kontak Kami


Program Studi Agribisnis UPN "Veteran" Yogyakarta Jl. SWK 104 (Lingkar Utara), Condongcatur, Yogyakarta 55283.
CP : 081-2275-8771