Pendampingan Digital Marketing, Branding, dan Visualisasi Produk untuk Peningkatan Penjualan Salak, Kelompok Tani Kusuma Mulya, Sleman
Sleman, 30 Desember 2024 – Jurusan Agribisnis Fakultas Pertanian UPN "Veteran" Yogyakarta melaksanakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan tema Pemasaran Digital, Branding, dan Foto Produk . Kegiatan ini berlangsung di Kelompok Tani Kusuma Mulya, Dusun Sukorejo, Desa Girikerto, Kapanewon Turi, Kabupaten Sleman, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan bapak dan ibu anggota Kelompok Tani Kusuma Mulya dalam memasarkan produk Salak secara lebih efektif melalui strategi pemasaran digital , branding, dan visualisasi produk. Pengabdian masyarakat ini diselenggarakan selama tiga hari, dimulai pada hari Jumat, 27 Desember 2024. Pada hari pertama, materi disampaikan oleh Dr. Ir. Budi Widayanto, M.Si., yang membahas tentang, "Strategi Pemasaran dengan STP ( Segmenting, Targeting, and Positioning ) pada Produk Salak". Sesi berikutnya diisi oleh Dr. Dwi Aulia Puspitaningrum, SP, MP, yang memberikan penjelasan mengenai, "Strategi Digital Marketing untuk Pemasaran Produk Salak". Pada Senin, 30 Desember 2024, Ayu Kumala Sari, SP, MMA, melanjutkan dengan materi tentang, "Strategi Penerapan Copywriting dalam Peningkatan Daya Jual Produk Salak," setelahnya materi disampaikan oleh Dr. Agus Santosa, SP, M.Si., mengenai pandangan mendalam terkait penerapan branding untuk meningkatkan daya tarik produk.
Hari terakhir, Selasa, 31 Desember 2024, menghadirkan pelatihan praktis dari Dinda Dewi Aisyah, SP, M.Sc., yang membahas, "Penggunaan Media Sosial TikTok dan WhatsApp Business untuk Promosi Produk Salak". Pelatihan ini dilengkapi dengan sesi dari Mukti Ahmad Nurcahya, SP, M.Si., yang membimbing bapak dan ibu anggota Kelompok Tani Kusuma Mulya dalam, "Teknik Foto Produk untuk Meningkatkan Visual Branding ". Hal ini supaya memberikan wawasan tentang pentingnya visualisasi produk dalam pemasaran modern. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berlangsung dengan pendekatan interaktif yang menggabungkan teori dan praktik sehingga bapak serta ibu anggota Kelompok Tani Kusuma Mulya dapat langsung menerapkan ilmu yang diperoleh. Bapak serta ibu anggota Kelompok Tani Kusuma Mulya dilatih untuk membuat konten promosi yang menarik dengan memanfaatkan media sosial sebagai platform pemasaran menggunakan teknik fotografi untuk meningkatkan daya tarik visual produk mereka. Terlaksananya kegiatan ini, diharapkan produk Salak dapat lebih dikenal dan memiliki daya saing yang lebih baik di pasar. Jurusan Agribisnis UPN "Veteran" Yogyakarta terus menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan kapasitas masyarakat, khususnya di bidang agribisnis, melalui kegiatan pengabdian yang relevan dan berdaya guna. [AKS]